Selasa, 30 Desember 2014

Yuk, Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan dan Menyehatkan !

Salah satu kunci untuk hidup sehat adalah dengan berolahraga dan pola makan yang sehat dan teratur. Namun dengan banyaknya aktivitas sehari-hari, terkadang orang tidak memiliki waktu untuk berolahraga apalagi mengukur asupan gizi yang dikonsumsi. Jika anda ingin tetap sehat, anda bisa melakukan beberapa aktivitas yang dapat anda nikmati diwaktu senggang dan tentu saja menyehatkan. Jika Anda ingin tubuh anda tetap aktif dan sehat tetapi anda bukan tipe orang yang menghabiskan waktu berjam-jam di gym. Cobalah untuk meluangkan waktu untuk melakukan banyak kegiatan fisik yang berbeda untuk mencari tahu kegiatan apa yang menyenangkan bagi Anda. Kunci untuk sehat tanpa berolahraga adalah dengan menemukan kegiatan yang menyenangkan dan dapat menjadi pilihan latihan, tanpa benar-benar merasa seperti berolahraga.

1 . Aktivitas di Luar Ruangan
Ada sesuatu hal  tentang alam luar yang membuat seseorang  terdorong untuk olahraga. Ahli kebugaran Joan Pagano mendorong orang untuk keluar dan bermain, tanpa memandang usia mereka. Cari kegiatan outdoor yang membuat Anda bergerak , tetapi yang lebih penting kegiatan tersebut juga anda gemari.
Misalnya anda dapat melakukan aktivitas jalan-jalan sore di taman atau pun komplek rumah anda, ajak serta anak-anak anda atau pun hewan peliharaan anda. Jalan kaki merupakan aktivitas yang menyehatkan karena dapat menyehatkan jantung anda, dan hasilnya sama dengan latihan cardio. Selain itu jika aktivitas ini dilakukan dengan keluarga, anda dapat lebih akrab dan menjalin komunikasi yang hangat dengan keluarga anda.
 jika ide Anda bermain video game sedang duduk di sebuah sofa selama berjam-jam , saatnya untuk memperluas pengalaman Anda dengan pilihan video game aktif hari ini . Sistem seperti Wii Fit dan Kinect menikah ide-ide menyenangkan dan kebugaran bersama-sama dengan membuat aktivitas fisik permainan .

2. Bermain Video Game Dirumah
Jika anda tipe orang yang senang bermain video game disaat senggang, hal ini dapat menjadi pilihan anda untuk melakukan aktivitas yang menyanangkan sekaligus menyehatkan. Tetapi pilihlah permainan video game yang memanfaatkan gerak tubuh anda, seperti game olahraga tenis, pingpong, atau pun dance. Sehingga anda tidak hanya duduk diam memandangi layar permainan saja. Di beberapa negara telah berkembang video game Wii Fit, permainan ini dirancang untuk menghibur dan juga dapat membantu berolahraga di rumah.
Game Wii Fit terus  memonitor kemajuan anda, serta dapat memotivasi bagi seseorang yang mencoba untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih baik. Sistem game ini dirancang khusus untuk orang dewasa dan memberikan latihan yang sangat kuat.

3. Menari
Menari juga salah satu kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan, dengan diiringi irama lagu anda dapat membuat gerakan-gerakan yang dapat menghasilkan keringat.  Menari juga dapat anda lakukan bersama-sama dengan teman atau pun keluarga anda, sehingga anda tidak merasa canggung untuk menari sendiri dirumah. Selain itu menurut penelitian yang dilakukan oleh Fred Astaire Dance Studio, menari dapat menghasilkan beberapa manfaat bagi kesehatan kita, diantaranya :
  • Peningkatan fungsi kekebalan
  • Kepadatan tulang meningkat
  • Penurunan stres dan tingkat depresi yang lebih rendah
  • Banyaknya gerakan-gerakan yang dihasilkan dari menari dapat menyehatkan
4. Memanfaatkan Gerakan Sehari-hari Sebagai Kegiatan yang Menyenangkan
Dari aktivitas yang dikerjakan sehari-hari di sekitar rumah anda mungkin tidak tampak seperti menyenangkan, dan anda mungkin tidak berpikir kegiatan ini sebagai pembakar kalori, tetapi kenyataannya adalah bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh anda. Membersihkan rumah, berkebun dan bahkan berjalan melalui toko kelontong dapat menjadi olahraga rutin sehari-hari bagi anda.
Tahukah berapa banyak kalori yang dapat anda hasilkan dari aktivitas yang anda lakukan di sekitar rumah ? Berikut adalah beberapa contoh :
  • Merawat dan menyiram tanaman di taman anda, membakar lebih dari 300 kalori per jam.
  • Memandikan hewan peliharaan anda, membakar lebih dari 100 kalori dalam setengah jam.
  • Menyapu dan mengepel lantai membakar sekitar 240 kalori per jam.

Nah Kalian juga pasti Ingin Sehat kan teman-teman, mangkanya yuk olahraga setiap hari biar tubuh kita sehat dan kuat :D

Sekian dari kami Forum Peduli Kesehatan Remaja Indonesia

 







0 komentar:

Posting Komentar